Program PEN di NTT, Dinas PUPR Bangun 77 Ruas Jalan Lancarkan Akses Masyarakat

Mutiaratimur.net,- Dalam rangka memulihkan ekonomi di NTT pemerimtah melalui dinas PUPR NTT membangun 77 ruas jalan di semua kabupaten di NTT.

Demikian Ir. Maksi Y. E Nenabu, kadis PUPR NTT memberi keterangan kepada media tanggal 6/12/2021 di ruang kerjanya.

" Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh dinas PUPR NTT dilaksanakan  berupa pembangunan, peningkatan fisik jalan dengan anggaran dari dana pinjaman PT.SMI (Sarana Multi Infrastruktur)

sebesar 1 Triliun. Dana ini telah   digunakan untuk pembangunan ruas jalan 491,2 km dengan alokasi anggaran Rp.898,2 M." Ungkap Maksi.

Menurut Kadis, program pembangunan jalan sebesar 77 ruas itu telah melalui mekanisme  sesuai dengan aturan  yang telah ditentukan.  Program ini juga bersifat multiyears sehingga bisa dikerjakan sampai awal tahun.

Maksi Nenabu pun menyampaikan, berdasarkan progres tentang proses pelaksanaan telah dilakukan kontrak pada bulan November 2021 untuk 76 ruas jalan. Sisa 1 ruas jalan masih dalam proses tender yang rencananya akan diselesaikan bulan Desember 2021. 

Pembangunan yang dikerjakan oleh PUPR propinsi ini. Ada yang berbentuk pengaspalan dan ada pula yang berbentuk GO (Grading Operation) atau pengerasan ataupunpeningkatan dari jalan yang sempit menjadi luas.

Tujuan pembangunan ini adalah agar masyarakat dapat memudahkan akses jalan terutama untuk mendistribusikan hasil produksi yang selama ini jarak tempuh lama menjadi lebih cepat.

"Dengan adanya jalan yang sudah bagus, masyarakat bisa tertolong. Akses jalan yang selama ini lama menjadi cepat, " ujar putra TTS yang saat ini menjabat sebagai orang nomor satu di Dinas PUPR Provinsi NTT.

Harapan orang nomor satu di PUPR propinsi NTT ini agar masyarakar dapat merawat jalan yang ada. Karena pembangunan jalan itu untuk kepentingan umum bagi masyarakat sekarang dan generasi yang akan datang.*(mt/mf)

Iklan

Iklan