FPK NTT di HUT RI ke-79 Adakan Magic Show Bangkitkan Semangat Satukan Perbedaan Dalam Kebersamaan

Kupang, mutiara-timur.com || FORUM Pembauran Kebangsaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (FPK NTT) menyongsong HUT RI ke-79 mengadakan magic show yang bermaksud membangkitkan semangat rasa persatuan dalam kebersamaan.

Magic show digelar malam hari pada Minggu, 11 Agustus 2024 di Harper Hotel dengan atraksinya berupa sulap yang dilakoni oleh pesulap Baron. Dengan kepiawaiannya luar biasa Baron menampilkan berbagai atraksi sulap yang memukau dan menghibur.

Acara ini juga diselingi lantunan lagu-lagu kebangsaan yang dibawakan oleh Jeane Widodo, putri ketua FPK NTT. Dengan suara yang lembut, saduh, berkarakter penuh pesona menggugah nurani hadirin yang datang untuk menyaksikan magic show.

Ones Pella Ketua Panitia peringatan HUT RI ke-79 dari FPK NTT kepada awak media ini, mengungkapkan, "magic show sebagai salah satu bagian kecil atau satuan tugas, satgas dari kegiatan kepanitiaan untuk menggalang dana demi terlaksananya peringatan HUT ke-79 RI."

Dikatannya, bahwa FPK NTT  akan menggelar dua kegiatan, yaitu di tanggal 16 Agustus 2024 doa bersama  menjelang puncak peringatan hari kemerdekaan dan di hari Kemerdekaan,  17 Agustus 2024 apel HUT RI ke-79. Kedua acara ini melibatkan sekitar 30 etnis yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya.

"Ke-30 etnis menunjukkan kita ini berasal dari berbagai suku bangsa, ada Kebhinekaan sehingga FPK NTT hadir  menjalankan misi merawat Kebhinekaan dalam kebersamaan, tak ada keterpecahan dalam rahim NKRI. Forum Pembauran ini mengajarkan kita untuk menyatukan perbedaan. Membangun kebersamaan dalam perbedaan di NKRI itulah inti sebagai tujuan adanya forum Pembauran ini," ujar Ones.

Theo Widodo Ketua FPK NTT menegaskan, magic show yang digelar ini merupakan upaya panitia untuk menggalang dana dalam rangka memperlancar kegiatan peringatan HUT ke-79 RI dan menurutnya, acara kali ini ada dua bagian pada tanggal 16 Agustus tirakatan dan 17 Agustus peringatan, apel bersama dan pentas seni budaya untuk meriah rayakan peristiwa bersejarah lahirnya bangsa Indonesia.

"Magic show bagian dari satgas kepanitiaan untuk mencari dana guna mendukung acara peringatan HUT ke-79 RI tahun 2024.  Ada dua kegiatan, di tanggal 16 Agustus diadakan Tirakatan, ini kebiasaan etnis Jawa, malam renungan dan doa bersama menjelang hari raya puncak peringatan HUT RI.  Renungan itu bertema memperingati arti perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan dan bagaimana kita sekarang mengisi  arti perjuangan itu, membangun,menjaga keutuhan sebagai warga bangsa yang besar ini. Renungan itu akan dipimpin oleh seorang mantan pejuang kemerdekaan atau disebut veteran dan doa dipimpin oleh pimpinan dari agama Hindu dengan dihadiri seluruh etnis, kira-kira 30 etnis,"ucap Theo Widodo ketua FPK NTT.

Di tanggal 17 Agustus disampaikannya akan dirayakan apel peringatan di alun-alun taman Kota Kupang dengan inspektur upacaranya dirinya sendiri selaku Ketua FPK NTT dan yang hadir pada upacara tersebut seluruh etnis tergabung dalam forum.  Seusai apel bendera akan diisi dengan pegelaran seni budaya, repsi dan rekreasi bersama.

"Tanggal 17 Agustus kita upacara apel bendera bersama dengan inspektur atau pembina upacara saya sendiri selaku Ketua FPK NTT sesuai protap. Peserta yang hadir seluruh etnis yang ada di kota ini dan sekitarnya. Selesai upacara apel dan peringatan detik - detik kemerdekaan lalu diisi pentas seni budaya setiap etnis atau paguyuban, makan bersama dan rekreasi bersama. Sore harinya diharapkan semua kita hadir kembali untuk  mengikuti upacara penurunan bendera," ujar Ketua FPK NTT.

Theo Widodo juga menghimbau kepada seluruh etnis atau paguyuban yang telah bergabung selama ini pada FPK NTT untuk senantiasa tak jenuh dan jemuhnya terus dan tetap menjadi bagian dalam wadah ini demi kebersamaan membangun Indonesia yang prospektif ke depan.

"Kepada semu kita dari berbagai etnis atau paguyuban mari rapat barisan, terus kita merajut kebersamaan seperti  tahun-tahun kemarin di FPK NTT,  kita berbeda untuk bersatu dalam kebersamaan demi masa depan negara dan bangsa kita yang lebih baik. Mari kita ikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-79 RI kali ini. Kami pun akan berkoordinasi dan konsolidasi dengan semua paguyuban demi kesuksesan peringatan HUT ke-79 tahun 2024. Salam hangat untukmu semua saudaraku," himbau  Theo Widodo. *(go)

Iklan

Iklan