STIKUM Prof. Yohanes Usfunan Peduli Keutuhan NKRI Gelar Seminar Nasional, "Merawat Kebhinekaan dalam Bingkai Pancasila dan UUD 1945"

Foto google: Prof. Dr. Yohanes Usfunan 

Kupang, mutiara-timur.com || Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIKUM) Prof. Dr. Yohanes Usfunan, S.H., MH salah satu Perguruan Tinggi di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang punya kepedulian dan dedikasi merawat Kebhinekaan dalam Bingkai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Semangat STIKUM ini terejawantah dalam bentuk Seminar Nasional pada Senin, (12/8/2024) sebagai upaya keterlibatan kampus ini untuk memperingati HUT  RI ke-79.   

Seminar Nasional ini keynote speakernya langsung oleh Prof. Dr. Yohannes Usfunan, S.H.,  MH Direktur STIKUM dan Nara sumber dari pihak anggota Dewan Pakar, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. John Pieris, S.H., M.S., dengan materi Pancasila sebagai Dasar Ideologi Negara; Damrem 161 Wirasakti Brigjend Joao Xavier Barreto Nunes, S.E, M.M dengan materi Mempertahankan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI harga mati), Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A dengan materi Mejamin keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan; Ketua DPRD NTT Ir. Emilia Yulia Nomleni dengan materi Meningkatkan Kesadaran Politik dan Hukum Masyarakat NTT dalam Menjaga Kebhinekaan.

Prof. Dr. Yohanes Usfunan, S.H., MH Direktur STIKUM ini menyampaikan, "Seminar Nasional dalam rangka HUT RI ke-79 yang kampus perguruan kami laksanakan guna menjaring berbagai ide, gagasan untuk memperkuat Keutuhan NKRI.  Sehingga dalam seminar kami menghadirkan para pembicara yang berkapasitas untuk menyampaikan pikiran, pendapatnya sesuai perspektif masing-masing."

Dikatannya kegiatan Seminar  Nasional ini terlaksana atas kerjasama STIKUM Prof Dr. Yohanes Usfunan S.H., MH bekerjasama dengan Universitas Hindu Indonesiana (UNHI) Bali. Kini  panitia Seminar Nasional dari Kampus STIKUM dalam persiapan untuk acara bergensi bernilai akademis dan edukatif tersebut yang diharapkan berdampak meningkatnya kenasionalismean dan cinta akan NKRI dalam diri baik mahasiswa maupun masyarakat umum.

"Panitia Seminar Nasional sekarang sedang melakukan persiapan supaya kegiatan seminar terlaksana secara baik. Melihat tema dan materi yang disiapkan, panitia tentu dalam hal peserta selain menghadirkan mahasiswa prodi S1 , peserta program S2 hukum tata pemerintahan dari kampus ini juga ada undangan dari kampus lain serta masyarakat umum. Semuanya jelas bermaksud berdampak ada peningkatan kesadaran tumbuh nasionalime dan kecintaan akan NKRI. Itulah yang kami gelar seminar bertema Merawat Kebhinekaan dalam Bingkai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," jelas Prof. Yohanes Usfunan.

Dengan demikian Direktur STIKUM Prof Dr Yohanes Usfunan mengajak kepada masyarakat yang diundang agar jangan sia-siakan kesempatan merajut kebersamaan sebagai warga bangsa. Hadirlah bersama STIKUM Prof Dr Yohanes Usfunan, S.H., MH dalam Seminar Nasional.

"Kami menghimbau dan mengajak kepada para mahasiswa dan peserta prodi S-2 STIKUM, Perguruan Tinggi lainnya dan masyarakat umum yang telah mendapatkan undangan kami, ikuti acara Seminar Nasional pada hari Senin, tanggal 12 Agustus 2024 demi kebersamaan kita merawat Kebhinekaan dalam Negara Indonesia kita tercinta. Mari jangan lewatkan kesempatan bermartabat ini," ajak Direktur STIKUM Prof Dr Yohanes Usfunan.*(go)

Iklan

Iklan