Sejumlah Mahasiswa di Kota Kupang Dapat Beasiswa, Paket CS'an Juga Mampu Memfasilitasi

Kota Kupang, mutiara-timur.com || Paket CS'an, dr. Christian Widodo dan Serena Francis ternyata punya program beasiswa dalam dunia pendidikan. Program tersebut bukan hanya pada tataran konsep dalam visi misi program untuk perhelatan pesta demokrasi, Pilkada Kota Kupang pada 27 Nopember 2024, tapi sudah pada tahap aplikasi atau pemberian bantuan beasiswa kepada sejumlah Mahasiswa sejak tahun 2023 dan juga 2024.

Program beasiswa ini disampaikan paket CS'an melalui ketua tim pemenangan Isodorus Lilidjawa kepada media pada Selasa, (15/10/2024) di Kota Kupang.

"Dokter Christ dan Kaka Serena, selain memfasilitasi beasiswa PIP untuk anak SD, SMP dan SMA di Kota Kupang  juga memfasilitasi beasiswa KIP kuliah untuk sejumlah mahasiswa yang sedang kuliah di beberapa Perguruan Tinggi di Kota Kupang," ungkap Ketua Tim Pemenangan.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa beasiswa KIP kuliah ini sudah diberikan dua tahap tahap pertama itu pada tahun 2023 oleh kakak Serena dan itu sudah terealisasi
dan para penerimanya sekarang sudah mendapatkan manfaat dari beasiswa kip kuliah ini.

"Tahap kedua tahun 2024 oleh dokter Christian dan  Kaka Serena pun sudah diusulkan sebanyak 30 mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi di Kota Kupang untuk mendapatkan KIP kuliah," kisahnya.

Isodorus Lilidjawa menyampaikan, beasiswa KIP ini merupakan perjuangan melalui jalur pemangku kebijakan dalam hal ini anggota DPR RI fraksi Gerindra.

"Ya jadi beasiswa KIP ini adalah beasiswa yang diperjuangkan melalui jalur pemangku kebijakan oleh anggota DPR RI fraksi Gerindra yang diminta sebagian untuk bisa dialokasikan membantu mahasiswa di NTT," tegas Iso.

Karena itu untuk tahun 2024 ini kata Sekretaris Gerindra Kota Kupang, hasilnya untuk dokter Christian dan Serena mendapatkan quota yang cukup terbatas yaitu 30 mahasiswa.

"Sekarang sedang berproses di kementerian dan dalam waktu yang tidak lama lagi akan segera terealisasi karena itu kita berharap para mahasiswa yang mendapatkan kuliah ini bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ini adalah peluang yang bagus untuk bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu, tapi sekaligus membantu orang tua," ulasnya.

Dia menambahkan kalau dipercayakan oleh rakyat Kupang dan direstui oleh Tuhan Yang Maha Kuasa terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota, pasti dokter Christian dan Serena akan berjuang lebih banyak lagi.

"Jumlah akan lebih banyak lagi diperjuangkan, supaya anak-anak sekolah di Kota Kupang  SD, SMP, SMA dan para mahasiswa yang kuliah di Kota Kupang bisa mendapatkan beasiswa PIP maupun KIP kuliah juga semakin lebih banyak, karena ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, generasi di Nusa Tenggara Timur,"pintanya.

"Program beasiswa untuk mahasiswa kuliah di Kota Kupang sudah dua tahun. Terhitung sejak tahun 2023 dan 2024 sekarang, semuanya telah terealisasi," ungkap Iso Lilidjawa.

Menurut Iso mahasiswa yang menerima program beasiswa berasal dari berbagai kampus perguruan tinggi yang ada di Kota Kupang dengan kuota sesuai yang tetap.

Christ Widodo dalam keterangan terhadap program beasiswa menekankan aspek pendidikan juga amat penting terutama bagi anak mahasiswa yang orangtua kurang mampu. Sehingga bersama nona Serena mereka berjuang untuk paling tidak memulai dan itu terbukti dengan skala penerima terbatas.

"Pendidikan itu amat penting untuk melahirkan generasi muda penerus bangsa di daerah Kota Kupang. Karena itu kami juga melihat banyak anak-anak yang tamat SMA atau SMK hendak lanjutkan studi di Perguruan Tinggi, terkendala keuangan. Nah kami melihat ada dana di pusat kami berupaya mengakses, puji Tuhan bisa dapat dari KIP  dan ini beasiswa telah berjalan dua tahun selama ini," tutur Christian.

Calon Walikota ini juga meneruskan, jika berkesempatan dipercaya rakyat Kota Kupang untuk dirinya bersama Serena memimpin Kota Kupang maka berbagai program beasiswa KIP atau yang lainnya akan  ditingkatkan dari sisi quota penerima bantuan pendidikan tersebut.

"Jika Tuhan berkenan dan rakyat Kota Kupang memilih saya bersama nona Serena memimpin Kota Kupang lima tahun ke depan, kami akan meningkatkan jumlah mahasiswa penerima beasiswa di Kota Kupang," papar Ketua DPD PSI NTT.

Serena Francis Calon Wakil Walikota menuturkan bahwa kepada mahasiswa penerima bantuan beasiswa agar memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan menyelesaikan studi. Sebagai bentuk menghargai dan menghormati orang tua yang tidak mampu tapi punya kerinduan akan anaknya bisa mencapai wisuda atau tamat pendidikan tinggi.

"Kepada mahasiswa kami berusaha memberikan pemahaman kepada mereka agar menggunakan dana beasiswa ini diprioritaskan kebutuhan kuliah, bulan untuk beli hp mahal-mahal atau kebutuhan sifat senang sementara dan abaikan kuliah. Itu berarti akan menyakiti hati orangtua, tapi hargai dan hormatilah bantuan ini sebagai doa orangtua agar anak-anaknya bisa tamat dan diwisudakan. Itulah kebahagiaan bagi orangtua dan keluarga," ucap Nona Serena. *(Usgo)

Iklan

Iklan